Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Posted on

Brodroid.Com | Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi – Memiliki perangkat android yang lemot atau lelet dalam kinerjnya, tentu membuat anda menjadi geram, dan juga merupakan salah satu hal yang bisa menghambat kinerja anda. Mengingat peranan android ini, merupakan salah satu yang bisa memudahkan kinerja dan aktivitas anda, tentu saja, jika mendapati perangkat yang lelet atau lamban kinerjanya, bukanlah hal yang diinginkan. Penyebab dari android yang lemot ini ternyata beragam. Mulai dari karena beban memori dan RAM sudah terlalu banyak, hingga karena terlalu banyak perangkat menimbun chace didalamnya.

tips jitu mengatasi android lemot

Mengatasi android lemot ini, bisa anda lakukan bahkan tanpa bantuan aplikasi sekalipun. Memang di playstore ini sendiri, anda bisa mendapati banyaknya aplikasi yang bisa membantu meningkatkan peforma dan kinerja smartphone anda. Akan tetapi, dengan beberapa cara yang simple, anda bisa mengatasi androd anda yang lemot, hanya dengan beberapa step yang mudah. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi menarik mengenai cara mengatasi android lemot tanpa bantuan aplikasi yang bisa anda coba untuk lakukan.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

1. Jangan bebani RAM
Android yang lemot bisa jadi dikarenakan beban RAM sudah semakin menumpuk banyak. Maka dari itu, anda bisa meminimalisir beban RAM dengan mengurangi aktivitas multitasking, hingga memilih aplikasi mana saja yang sekiranya penting untuk anda gunakan. Perintah clear memory untuk membersihkan proses yang sebenarnya tidak diperlukan pada aplikasi yang sedang berjalan pada background.

2. Bersihkan Cache
Selanjutnya adalah dengan membersihkan cache. Anda bisa menghapus data berupa cache yang memang tidak diperlukan. Cache yang menumpuk ini, merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan memori terbebani, dan tentu menyebabkan android menjadi lebih lamban atau lelet dari segi kinerjanya yang ada didalamnya.

3. Gunakan MicroSD berkecepatan tinggi
Memang kapasitas memori internal anda cukup besar. Akan tetapi, dengan menggunakan microSD berkecepatan tinggi, tentu akan menambah kapasitas penyimpanan. Anda bisa memiliki microSD dengan kecepatan tinggi, karena akan meminimalisir android yang nantinya memerlukan waktu lama untuk menulis hingga membaca data yang ada diluar memori internal.

4. Kurangi widget
Android yang lelet, juga merupakan salah satu yang dikarenakan adanya widget yang berlebihan. Maka dari itu, kurangi widget yang berlebihan pada homescreen anda. Dan tentu saja semakin banyak widget yang terpasang, akan mempengaruhi kinerja dari android anda, maka dari itu gunakanlah widget sesuai dengan keperluan anda saja.

5. Seleksi aplikasi
Selain itu, melakukan seleksi aplikasi juga merupakan salah satu langkah yang bisa membantu anda membebaskan RAM dan juga memori internal. Pilih aplikasi yang sering anda gunakan. Dan uninstall aplikasi yang sekiranya tidak anda perlukan, karena hanya akan menambah beban memori internal, dan menambah lemot kinerja dari android anda.

Jadi, tidak perlu khawatir ketika android anda mengalami perlambatan dalam kinerjanya. Karena dalam mengatasinya pun mudah dilakukan, bahkan tanpa bantuan aplikasi sekalipun. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
i just like Android Developers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *